Senin, 07 Mei 2018

TUGAS ANALISIS STRATEGIK

 ANALISIS STRATEGIK PT.LION SUPERINDO



SEJARAH PT LION SUPERINDO
Super Indo berkembang di Indonesia sejak tahun 1997. Super Indo telah memiliki 126 gerai yang sebagian besar berada di Pulau Jawa dengan jumlah 5.400 karyawan terlatih. Setiap gerai umumnya menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari.
Super Indo merupakan jaringan internasional Delhaize Group, sebuah perusahaan ritel produk pangan berpusat di Brussel, Belgia yang beroperasi di tiga benua dan sebelas negara (Belgia, Amerika Serikat, Romania, Yunani, Luksemburg, Indonesia, Serbia, Bulgaria, Bosnia dan Herzegovin, Montenegro, serta Albani). Delhaize Group membeli 51% saham Super Indo pada tahun 1997.Delhaize Group tercatat di bursa saham  (Euronex  dan Bursa efek NEW York . Delhaize Group memiliki lebih dari 3.451 gerai pada akhir 2012.
Super Indo memiliki private brand"365". "365" diluncurkan pada tahun 2006 dan telah memiliki lebih dari 140 jenis produk.
Super Indo memiliki motto "Lebih segar, lebih hemat, lebih dekat."


VISI , MISI , TUJUAN,STRATEGI,NILAI, DAN SLOGAN PERUSAHAAN
Misi
Bercita-cita membuat kehidupan yang lebih baik, lebih sehat, dan lebih bernutrisi untuk pelanggan kita, karyawan dan masyarakat.

Visi:
1.Bernutrisi
    Semua pelanggan kita harus dapat memilih dari berbagai makanan, sayuran, dan buah-buahan yang lezat.
2.Sehat
   Orang akan merasa sehat ketika mereka telah menemukan keseimbangan yang tepat
3.Aman
  Kita bertanggung jawab atas keamanan dari produk kita, dan pelanggan kita.
4.Terjangkau
  Kita bertekad menawarkan pelanggan kita pilihan, apapun standar hidup mereka.
5.Berkelanjutan
  Kita menjadikan berkelanjutan sebagai inti dari aktifitas yang dapat menjaga bisnis untuk generasi mendatang dari karyawan, pelanggan dan komunitas.


3. TUJUAN PERUSAHAAN


·         Tujuan jangka pendek 
untuk memenuhi kebutuhan konsumen agar terciptanya suatu produk yang  berkualitas tinggi, menyerap tenaga kerja dari daerah sekitar maupun luar daerah sekitar, sehingga dapat membantu mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup tenaga kerja.
·         Tujuan Jangka Panjang

Memproduksi  semua produk secara kontinyu yang berkualitas tinggi hingga ditinjau dari sudut ekonomi perusahaan dapat memuaskan. 




 4. Strategi :
1. Brand equity
2. Pertumbuhan
3. Transformasi
5. Nilai :
1. Berkomitmen
2. Peduli
3. Positif
6. Slogan
     Untuk Hidup Yang Lebih Baik

Jenis Produk:

1. Berbagai jenis buah-buahan dalam dan luar negri
2. Berbagai jenis sayuran dalam dan luar negri
3. Berbagai umbi-umbian
4. Berbagai macam jenis daging dalam dan luar negri
5. Berbagai macam seafood
6. Berbagai macam makanan siap saji
7. Berbagai peralatan rumah tangga
8. Berbagai alat sekolah
9. Berbagai jenis obat
10.Berbagai detergent
11. Berbagai biscuits dan snack
12.Berbagai macam keperluan bayi(makanan,susu dan peralatan lainnya)



STRUKTRUR ORGANISASI PERUSAHAAN

STRUKTUR ORGANISASI PT LION SUPERINDO






ANALISIS SWOT


STREGRT
1.memiliki produk dari usaha kecil dan menengah khusus nnya pertanian Yg menghasilkan buah dan sayur 

2.lokasi berada di pusat kota- kota besar dan berapa toko bertempat dekat perumahan

3.menyelengarakan diskon rutin untuk tiap bulannya 

4. Karyawan cepat tanggap apabila ada masalah pelangan mengalami keluhan 

5. Harga Yg di jual masih sangat terjangkau
6.seluruh  pegawai memberikan pelayanan sangat ramah apabila tidak sesuai peraturan maka pegawai akan mendapatkan sanksi.


WEAKNESS

1. Stok produk di super Indo terbilang lama , karena produk di super Indo cepat habis jika pelangan mencari nnya agak susah kembali
2.kebersihan yang kurang terjaga
3.karena banyak nya promo kadang kala rewerd buat pelangan cepat habis
4. Pegawai terkadang lalai i TK mengecek ulang restok di display
5.harga di super Indo dapat di tiru oleh pesaing karena ketatnya persaingan antar supermarket 
6. Kurang berkoordinasi antara bank dengan super Indo maka terjadi masalaj sering Troubel nnya saat pembeli untuk pembayaran mengunakan kartu kredit atau ATM 
OPPORTUNITY
1. Super Indo memiliki bnyak supplay makannya restok selalu ada tidak pernah ada Yg kosong 
2. Banyak anak cabang sehingga mampu bersaing secara dari segi pemasarannya
3.banyak di lakukan promosi guna menarik pelangan
4.mempunyai kinerja Yg cukup sehingga kinerja lebih efektif
5. Dengan harga Yg terjangkau maka super ido bisa bersaing dengan pesaingnya
6. Karena pelayanan di super Indo sangatlah ramah maka pembeli merasa puas  dan superindo dapat bersaing secara dari segi pelayanannya 

THREAT
1. Karena produk hyperarket lebih lengkap pelangan lebih memilih belanja di hypermarket
2. Keterbatasan fakultas Yg kurang mendukung
3. stok rewerd Yg di berikan pesaing lebih bnyak superindo
4. Pegawai hypermatr lebih cek ap tanggap dri pada superindo
5.harga di tawarkan lebih murah dibanding superindo
6. Kinerja karyawan lebih cepat dan kedir di banding superindo karena banyak nnya fasilitas Yg di permudah

ANALISIS SMART

.SIMPLE
PT SUPER INDO dapat di pahami oleh semua masyarakat karena di lihat dari segi produk nya Yg sangat lengkap maka masyarakat tidak perlu jauh jauh pula untuk membeli kebutuhan  pokoknnya karena di setiap kota terdekat atau perumahan sudah berdiri beberapa cabang super Indo.

. MEASUREBLE
Perusahaan ini menerapkan strategi peningkatan daya stok barang dan kepuasan pelayanan kepada pelangan.

 . APLIKABLE 
Super Indo berkembang di Indonesia sejak tahun 1997. Super Indo telah memiliki 126 gerai yang sebagian besar berada di Pulau Jawa dengan jumlah 5.400 karyawan terlatih. Setiap gerai umumnya menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari.

. RELEVANT
PT LION SUPER  INDO pasti mempunyai target , dengan posisi yang mereka anggap sudah di atas pesaing-pesaingnya dan dari rating konsumen PT. Lion super Indo mempunyai keunggulan dari segi  produk, budaya karyawan, pemasaran, atau pangsa pasar yang sangat menargetkan sebuah keunggulan untuk meningkatkan keuntungan.

.TIME-BASED
Langkah yang di ambil dalam perusahaan adalah dengan cara tegur sapa antar pegawai satu dengan pegawai lainnya, antaaa pegawai dengan atasannya ,antar pegawai dengan pelanggannya ini salah satunnya langkah langka nnya untuk mengembangkan budaya di dalam perusahaan PT LION SUPER INDO.


DAYA SAING
Daya Saing strategis dapat dicapai apabila sebuah perusahaan dengan baik merumuskan serta menerapkan strategi pencipta nilai.
v  Sumber Daya yang Dimiliki
1.      Sumber Daya yang Berwujud
o   Harga sangat terjangkau
o   Distribusi sangat luas
o   Produk yang di buat sesuai dengan standrat ISO
o   Memiliki karyawan yang berkompeten sesuai dengan keterampilan
2.      Sumber Daya yang Tak Berwujud
o   Brand Image
o   Memiliki profesionalitas yang tinggi yang dimiliki tiap karyawan yang tergabung dalam PT. Lion superindo
v  Kemampuan
o   Memiliki karyawan yang handal di setiap bidangnya
o   Mempunyai outlet yang nyaman dan bersih
o   Distribusi luas di dalam maupun di luar negeri
v  Kemampuan Inti
·         Memiliki label ISO
·         Outlet mewah
v  Keunggulan bersaing yang berkesinambungan
1.      Membuat inovasi baru terhadap produk yang dapat bersaing dengan perusahaan lain.
2.      Mempromosikan komposisi gazi produk ini kepada masyarakat dengan lebih intensif.
v  Daya Saing

PT.lion superindo sudah di kenal masyarakat dengan berbagai jenis produk yang mudah ,murah serta harga terjangkau . dan tidak hanya menggutamakan itu saja Lion Superindo juga menjawab semua kebutuhan para konsumen dari mulai makanan,minuman, ,sayur,buah dll sehingga Lion Superindo akan mampu berada di persaingan pasar. 



ANALISIS VALUE CHAIN M.PORTER



ANALISIS IFAS DAN EFAS
MANAJEMEN STRATEGIK       
KONDISI INTERNAL PT. LION SUPER INDO


Faktor Intern
Kekuatan/Kelemahan


Produksi
+ Mampu memproduksi makanan,minuman dan kebutuhan lainnya  yang siap saji yg mengandung bahan-bahan yg bergizi dan halal
+ Bahan berkualitas premium
-          Tingginya biaya produksi
-          Kurang inovasi produk

Marketing
+ Jaringan distribusi luas

Keuangan
+ Memiliki kondisi yg sehat
-          Kurang mampu mengelola  dana

Personalia
+ Memiliki pelayanan yang baik
+ Memiliki karyawan yg ramah serta sopan

Litbang
+ Peralatan riset dan pengembangan modern

Struktur Organisasi
+ Pembagian divisi kerja yg jelas
Manajemen
-          Distribusi produk yg lama


Dari tabel diatas, dapat kita lihat terdapat 8+ dan 4- itu artinya, strengh lebih kuat 4 poin dari weakness

(IFAS )Kuesioner internal factor analysis strategi untuk mengetahui kekuatan ( strenght )
Faktor strategis
Nilai
bobot
Rating
Skor
1.       memiliki produk dari usaha kecil dan menengah khusus nnya pertanian Yg menghasilkan buah dan sayur .

4
0.2
4
0.8
2.       lokasi berada di pusat kota- kota besar dan berapa toko bertempat dekat perumahan.
4
0.2
4
0.8
3.       menyelengarakan diskon rutin untuk tiap bulannya .
3
0.15
3
0.45
4.       Karyawan cepat tanggap apabila ada masalah pelangan mengalami keluhan 

3
0.15
3
0.45
5.       Harga Yg di jual masih sangat terjangkaU

6.       seluruh  pegawai memberikan pelayanan sangat ramah apabila tidak sesuai peraturan maka pegawai akan mendapatkan sanksi.


3


3
0.15


0.15
4


4
0.8


0.8
Total
20
1
22
4.1

Ukuran pembobotan                                                                                                           ukuran rating kekuatan
1 = sedikit penting                                                                                                                               1 = sedikit kuat
2 = agak penting                                                                                                                                   2 = agak kuat
3 = penting                                                                                                                                            3 = kuat
4 = sangat penting                                                                                                                               4 = sangat kuat


(IFAS )Kuesioner internal factor analysis strategi untuk mengetahui kelemahan ( weakness )
Faktor strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
1.       Stok produk di super Indo terbilang lama , karena produk di super Indo cepat habis jika pelangan mencari nnya agak susah kembali.

2
0.125
2
0.25
2.       kebersihan yang kurang terjaga.
3
0.1875
2
0.375
3.       karena banyak nya promo kadang kala rewerd buat pelangan cepat habis.
3
0.1875
3
0.5625
4.       Pegawai terkadang lalai TK mengecek ulang restok di display.
3
0.1875
3
0.5625
5.       harga di super Indo dapat di tiru oleh pesaing karena ketatnya persaingan antar supermarket .

6.       Kurang berkoordinasi antara bank dengan super Indo maka terjadi masalaj sering Troubel nnya saat pembeli untuk pembayaran mengunakan kartu kredit atau ATM 

2




3
0.125




0.1875
2




3
0.25




0.5625
Total
16
1
15
3.5625

Ukurqan pembobotan                                                                                                         ukuran rating kelemahan
1 = sedikit penting                                                                                                                               1 = sedikit lemah
2 = agak penting                                                                                                                                   2 = agak lemah
3 = penting                                                                                                                                            3 = lemah
4 = sangat penting                                                                                                                               4 = sangat lemah



TOTAL IFAS  = STRENGHT – WEAKNESS
                      = 4.1-3.5625
                      = 35.629,1




KONDISI EKSTERNAL PT.LION SUPER INDO

Faktor Eeksternal
Peluang/Ancaman







Lingkungan Eksternal Mikro

Supplier
+ bahan baku yang mudah di dapatkan sehingga harga jual lebih terjangkau
-          Banyak bahan baku didapat dari luar negeri sehingga membutuhkan proses yg lama

Pelanggan
+ Memiliki pasar yg luas karena memiliki pelanggan yg mayoritas membutuhkan untuk keseharian lebih dominan ke makan atau bahan makanan siap saji

Pesaing
+ Mempunyai sertifikat dan beberapa penghargaan lainnya
-          Munculnya pesaing baru yg memproduksi barang sejenis





Lingkungan Eksternal Makro
Kondisi Ekonomi
+ Terbukanya pasar ekspor
+ Ekonomi dalam negeri sedang berkembang

Perubahan Ttekhnologi
-          Lambatnya teknologi yg digunakan

Sosial
+ Kampanye produk lebih segar, lebih dekat, lebih hemat  dan harga terjangkau

Dari tabel diatas, dapat kita lihat terdapat 6+
= dan 2- itu artinya, opportunity lebih kuat 4 poin dari pada weakness



(EFAS) Kuesioner internal factor analysis strategi untuk mengetahui ancaman ( oportunity)
Faktor strategis
Nilai
bobot
rating
Skor
1.       Stok produk di super Indo terbilang lama , karena produk di super Indo cepat habis jika pelangan mencari nnya agak susah kembali

3
0.15
4
0.6
2.       Banyak anak cabang sehingga mampu bersaing secara dari segi pemasarannya
4
0.2
3
0.6
3.       banyak di lakukan promosi guna menarik pelangan

3
0.15
3
0.6
4.       mempunyai kinerja Yg cukup sehingga kinerja lebih efektif

3
0.15
2
0.3
5.        Dengan harga Yg terjangkau maka super ido bisa bersaing dengan pesaingnya.

6.       Karena pelayanan di super Indo sangatlah ramah maka pembeli merasa puas  dan superindo dapat bersaing secara dari segi pelayanannya 


3


4

0.15


0.2
2


3
0.3


0.6
Total
20
1
17
3

Ukuran pembobotan                                                                                                           ukuran rating ancaman
1 = sedikit penting                                                                                                                               1 = sedikit ancaman
2 = agak penting                                                                                                                                   2 = agak ancaman
3 = penting                                                                                                                                            3 = ancaman
4 = sangat penting                                                                                                                               4 = sangat ancaman


(EFAS) Kuesioner internal factor analysis strategi untuk mengetahui ancaman ( threat )
Faktor strategis
Nilai
bobot
rating
Skor
1.       Karena produk hyperarket lebih lengkap pelangan lebih memilih belanja di hypermarket
2
0.166
4
0.664
2.       Keterbatasan fasilitas Yg kurang mendukung

2
0.166
3
0.498
3.       stok rewerd Yg di berikan pesaing lebih bnyak di banding superindo

2
0.166
3
0.498
4.       Pegawai hypermatr lebih cekap tanggap dri pada superindo
2
0.166
2
0.332
5.       harga di tawarkan lebih murah dibanding superindo

6.       Kinerja karyawan lebih cepat dan di banding superindo karena banyak nnya fasilitas Yg di permudah



2


2
0.166


0.166
2


3



0.332


0.498
Total
12
0.996
17
2.492

Ukuran pembobotan                                                                                                           ukuran rating ancaman
1 = sedikit penting                                                                                                                               1 = sedikit ancaman
2 = agak penting                                                                                                                                   2 = agak ancaman
3 = penting                                                                                                                                            3 = ancaman
4 = sangat penting                                                                                                                               4 = sangat ancaman



TOTAL  EFAS = Opportunity – Threat
                       = 3 - 2.492
                       =  2.495



Analisis Matrik SWOT


      Berdasarkan hasil-hasil yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti dituliskan di atas,  hasilnya dapat  dirangkum  sebagai berikut:
      Skor Total Kekuatan = 4.1
      Skor Total Kelemahan = 3.5625
      Skor Total Peluang = 3
      Skor Total Ancaman = 2.492
      Berpijak dari skor total ini, maka penentuan posisi PT Lion superindo dapat digambar sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada  Gambar dibawah.
      Untuk mencari koordinatnya, dapat dicari dengan cara sebagai berikut:
      Koordinat  Analisis  Internal Faktor Strategis
      (Skor  total Kekuatan + Skor Total Kelemahan) =  (4.1 + (-3.5625) = 35.629,1
      Koordinat  Analisis Eksternal Faktor Strategis
      (Skor total Peluang + Skor Total Ancaman) = (3+(-2.492) =2.495
      Jadi  titik koordinatnya terletak  pada (35.629,1 , 2.495)



Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut (x), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran 1 namun namun cenderung dekat pada kuadran IV sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap  kuadran.  Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini.


kuadran
Posisi titik
Luas matrik
rangking
Prioritas strategi
I (SO)
(4.1 ;3)
12.3
1
Growth
II (ST)
( 4.1 ;  -2.492)
-10.217,2
2
Kombinasi
III (WO)
(3.5625 - ;3)
-10.6875
3
Stabilitas
IV (WT)
( -3.5625; -2.492)
          8.87775
4
Penciutan

Program-program atau strategi yang dapat direncanakan untuk pengembangan institusi





















MATRIKS STRATEGI UMUM




Strategi Manajer Perusahaan dan Kaitannya dengan Kuadran I
Pada kuadra I (SO Strategi) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk mendapat keuntungan semaksimal mungkin.

Strategi Diversifikasi Konsentrasi (Consentric Diversification Strategy)
Strategi ini dijalankan dengan menambah produk baru yg masih terkait dengan produk yg ada saat ini dan memiliki keterkaitan dalam kesamaan teknologi, pemanfaatan fasilitas bersama, ataupun jaringan pemasaran yg sama. Mengebangkan inovasi varian produk misalnya , pada varian rasa dan bentuk seperti dalam satu bentuk dengan berbagai varian rasa.
Strategi yang digunakan :
a.       Memanfaatkan trend yg lagi booming dengan merubah bentuk yg unik
b.      Perusahaan memiliki jaringan distribusi yang luas hingga keluar asia
c.       Menggunakan kampanye produk makanan dan minuman segar, lebih dekat, lebih hemat  dan harga terjangkau
d.       Menempatkan harga produk relatif dapat dijangkau oleh masyarakat luas

Keterkaitan dengan Kuadran I (SO Strategi) :
Dengan adanya label segar, lebih dekat, lebih hemat  dan harga terjangkau sebagai kekuatan inti perusahaan dalam melakukan promosi diharapkan tiap produk yang di ciptakan PT.lion super indo menjadi ikon makanan olahan yang segar , lebih dekat , lebih hemat dan harga terjangkau yg terpercaya di kalangan masyarakat luas.



Strategi Manajer Perusahaan dan kaitannya dengan kuadran II                           
Pada kuadran II (WO Strategi) strategi umum yang di lakukan oleh perusahaan adalah dengan menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.

Strategi pengembangan pasar
Memperkenalkan produk-produk yang sudah ada kedaerah pemasaran yang baru (pangsa pasar bertambah ). Strategi ini dijalankan supaya bisa memasarkan produk yang sudah ada ke daerah yang belum ada agar sdapat menggunakan produk dari perusahaan dan supaya bisa memperluas pasar di dalam maupun di luar negeri.

Strategi yang digunakan :
a.       Meningkatkan anggaran iklan
b.      Meningkatkan aktivitas kampanye

Keterkaitan dengan Kuadran II :
Dengan memperbanyak promosi barang-barang dari PT.lion super indo  diharapkan mampu membidik segmen konsumen dengan tepat  untuk mengedepankan produk unggulan di dalam maupun di luar negeri.

Strategi Perusahaan dan Kaitannya dengan Kuadran III
Pada kuandran III (ST Strategi) strategi umumnya yang dilakukan oleh perusahaan dengan menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.

Strategi Integrasi Horizontal
Strategi ini mengarah pada strategi untuk meningkatkan kendali atas perusahaan pesaing.
Menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
Strategi yang dilakukan:
a.       Menawarkan harga yang bersaing, misalnya pemberian diskon untuk pembelian produk diatas yang di tentukan dan menawarkan paket produk dengan harga terajangkau

Keterkaitan dengan kuadran III (ST Strategi) :
Dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan diharapkan produk yang dikeluarkan oleh PT. LION SUPERINDO  akan mendapatkan posisi khusus di masyarakat sehingga hubungan baik dengan pelanggan juga bisa menjadi sarana bagi perusahaan untuk mempertahankan pangsa pasar dan persaingan ketat di bidang industri makanan olahan siap saji.

Strategi Prusahaan dan Kaitannya dengan Kuadran IV
Pada kuadran IV (WT Strategi) strategi umum yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi  setiap anacaman.

Pengurangan (Retrechment)
Penghematan dengan mengurangi unit produk yang kurang diminati oleh konsumen dan fokus terhadap pengembangan produk.
Strategi yang dilakukan:
a.       Fokus pada produk yang diminati oleh konsumen
b.      Terus mengembangkan inovasi varian merek-merek ternama dengan produk yang banyak di gemari oleh konsumen.

Keterkaitan dengan kuadran IV (WT Strategi):
Dengan berfokus pada produk yang diminati konsumen, perusahaan dapat menggunakan dana yang ada untuk mengembangkan produk dengan inovasi-inovasi terbaru yang diharapkan dan dapat membuka peluang yang lebih besar untuk kinerja karyawan yang baru .

Strategi Bisnis Unit (SBU)
Strategi Bisnis Unit (SBU) yang diterpkan menciptakan produk baru yang unik dengan harga terjangkau.

Strategi Bisnis Unit menerapkan strategi diversifikasi konsentris. Yaitu strategi yang dilakukan dengan menambah produk baru yang masih terkait dengan produk yang saat ini dan memiliki keterkaitan dalam kesamaan teknologi, pemanfaatan fasilitas bersama, ataupun jaringan pemasaran yang sama.

Contohnya :
Menciptakan produk dengan satu bentuk yang berbagai variasi rasa dengan merk “PT. LION SUPER INDO” yang memilki kualifikasi:
·         Memiliki banyak pilihan macam untuk selera calon konsumen
·         Pengaplikasian yang mudah
·         Wadah yag praktis dengan mudah untuk di bawa kemana mana
·         Harga terjangkau
Ø  Menciptakan produk yang berbahan baku bergizi dan halal
Ø  Strategi bisnis unit menciptakan diferensiasi melalui label enak,praktis, bergizi,halal dan harga terjangkau.
Ø  Strategi ini digunakan karena perusahaan memiliki:
-          Ketrampilan dan Sumberdaya Umum yang di perlukan
§  Jaringan DC (Distrbution Center) luas hingga mencapai luar asia
§  Mampu memproduksi makanan dan minuman serta kebutuhan lainnya yang siap saji yang mengandung bahan-bahan yang bergizi, halal dan aman dikonsumsi
-          Persyaratan Organisasi Umum
§  Koordinasi yang kuat antara fungsi-fungsi dalam riset dan pengembangan produk, dan pemasaran.
§  Kemampuan menarik tenaga yang kreatif ,tanggung jawab dan handal di bidangnya.


Analisa Value Chain Diferensiasi
Adanya kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunikan yg sesuai dg permintaan para pelanggan.Ada empat tahap :
1.      Menciptakan sebuah analisa rantai nilai
·         Tingkat kebutuhan konsumen yang berbagai macam selera
·         Menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen yang berkualitas dan hemat serta harga terjangkau
·         Dibuat rantai nilai yg terpisah untuk setiap kelompok pelanggan
1.      Menciptakan produk makan minuman dll
2.       Menciptakan berbagai varian produk  

2. Identifikasi faktor penentu diferensiasi

















     VALUE CHAIN PT. LION SUPER INDO



ANALISIS VALUE CHAIN :
 Inbound Logistic:
-          Memastikan terpenuhi bahan baku : Bahan baku diterima oleh gudang. Bahan baku diberi kode, dan diinput di database persediaan untuk memudahkan kontrol jumlah persediaan yang tersedia, persediaan yang habis, dan persediaan yang baru ditambah.
-          Pengendalian kualitas  bahan baku : Pengendalian kualitas dilakukan oleh departemen Quality Control Materials. Departemen ini bertugas memastikan bahan baku yang masuk di gudang sudah sesuai standar yang ditetapkan oleh perusahaan.

Operations
-          Proses memastikan kesediaan barang jadi : Dilakukan oleh tenaga produksi yang mengolah bahan baku sedemikian rupa hingga menjadi produk jadi yang siap dipasarkan. meliputi beberapa aktivitas seperti: penakaran, pencampuran, dan pengemasan. Setelah dikemas, jumlah produk jadi tersebut diinput.
-          Mengubah barang baku menjadi barang jadi : Pengendalian produk dilakukan dengan sanggat hati-hati dari mulai proses produksi barang baku sampai barang yang akan bertahap ke proses barang jadi.

Outbond Logistic
-          Memastikan pendistribusian produk datang tepat waktu kepada pelanggan.
-          Memastikan barang yang di terima pelanggan datang dengan baik.



Marketing and Sales
-          Untuk mempromosikan produknya, PT. LION SUPERINDO sudah melakukan banyak cara seperti: iklan, sponsor film, , dll), website resmi. Berbagai promosi ini dilakukan  untuk meyakinkan konsumen bahwa tiap produk PT.LION SUPER INDO  memang HEMAT, BERHUALITAS HALAL DAN HARGA TERJANGKAU.



SERVECES
-          Memberikan pelayanan dengan baik kepada pelangan agar pelangan puas dan terus berbelanja
-          Memberikan kepuasan pelayanan kepada pelangan

VALUE CHAIN BERBASIS ANGGARAN  (BUDGETING)
Catatan : tiap angka di bawah ini hanyalah estimasi (perkiraan )dari saya.

3.Penentu faktor-faktor kunci
-  Memiliki fasilitas , kelengkapan , dan kenyamanan berbelanja dengan memaksimalkan gedung yang dimiliki
- Memiliki SDM yang siap untuk bersaing , berdedikasi tinggi , loyalitas , totalitas dan jujur



4. Keterkaitan antara value chain perusahaan dan pelanggan
Menciptakan nilai bagi pelanggan meliputi :
§  Pelanggan dapat menikmati kenyamanan yang di harapkan
§  Pelanggan mendapatkan produk berkualitas premium dengan harga yang relatif terjangkau.








Bisnis Proses PT. LION SUPERINDO
BISNIS PROSES OPERASI PT. LION SUPERINDO





Standar Operasional Prosedur (SOP) PT. LION SUPERINDO





Program Diskon 10%  PT. LION SUPERINDO





Analisa Persaingan Pesaing Utama


Competitive Advantage








Evaluasi Performance / KPI Program Kerja PT. LION SUPER INDO







 Nama : jihan kharisma
Nim : 01215051
Tugas : Analisis Strategik
PRODI MANAJEMEN














































Tidak ada komentar:

Posting Komentar