SEJARAH PT LION SUPERINDO
Super
Indo berkembang di Indonesia sejak tahun 1997. Super Indo telah memiliki 126
gerai yang sebagian besar berada di Pulau Jawa dengan jumlah 5.400
karyawan terlatih. Setiap gerai umumnya menyediakan beragam produk kebutuhan
sehari-hari.
Super Indo merupakan
jaringan internasional Delhaize Group, sebuah perusahaan ritel
produk pangan berpusat di Brussel, Belgia yang beroperasi di
tiga benua dan sebelas negara (Belgia, Amerika Serikat, Romania, Yunani, Luksemburg, Indonesia, Serbia, Bulgaria, Bosnia dan Herzegovin, Montenegro,
serta Albani). Delhaize Group membeli 51% saham Super Indo pada tahun
1997.Delhaize Group tercatat di bursa
saham (Euronex dan Bursa efek NEW York .
Delhaize Group memiliki lebih dari 3.451 gerai pada akhir 2012.
Super Indo memiliki private brand"365".
"365" diluncurkan pada tahun 2006 dan telah memiliki lebih dari 140
jenis produk.
Super
Indo memiliki motto "Lebih segar, lebih hemat, lebih dekat."
VISI , MISI , TUJUAN,STRATEGI,NILAI, DAN SLOGAN PERUSAHAAN
Misi
Bercita-cita membuat kehidupan yang lebih baik, lebih sehat, dan
lebih bernutrisi untuk pelanggan kita, karyawan dan masyarakat.
Visi:
1.Bernutrisi
Semua pelanggan kita harus dapat memilih dari
berbagai makanan, sayuran, dan buah-buahan yang lezat.
2.Sehat
Orang akan merasa sehat ketika mereka telah
menemukan keseimbangan yang tepat
3.Aman
Kita bertanggung jawab atas keamanan dari produk kita,
dan pelanggan kita.
4.Terjangkau
Kita bertekad menawarkan pelanggan kita pilihan, apapun
standar hidup mereka.
5.Berkelanjutan
Kita menjadikan berkelanjutan sebagai inti dari aktifitas
yang dapat menjaga bisnis untuk generasi mendatang dari karyawan, pelanggan dan
komunitas.
3. TUJUAN PERUSAHAAN
·
Tujuan jangka pendek
untuk memenuhi kebutuhan konsumen agar terciptanya
suatu produk yang berkualitas tinggi,
menyerap tenaga kerja dari daerah sekitar maupun luar daerah sekitar, sehingga
dapat membantu mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup tenaga
kerja.
·
Tujuan Jangka Panjang
Memproduksi semua produk secara kontinyu yang berkualitas
tinggi hingga ditinjau dari sudut ekonomi perusahaan dapat memuaskan.
4. Strategi :
1.
Brand equity
2.
Pertumbuhan
3.
Transformasi
5. Nilai :
1.
Berkomitmen
2.
Peduli
3.
Positif
6. Slogan
Untuk Hidup Yang
Lebih Baik
Jenis Produk:
1. Berbagai jenis buah-buahan dalam dan luar negri
2. Berbagai jenis sayuran dalam dan luar negri
3. Berbagai umbi-umbian
4. Berbagai macam jenis daging dalam dan luar negri
5. Berbagai macam seafood
6. Berbagai macam makanan siap saji
7. Berbagai peralatan rumah tangga
8. Berbagai alat sekolah
9. Berbagai jenis obat
10.Berbagai detergent
11. Berbagai biscuits dan snack
12.Berbagai macam keperluan bayi(makanan,susu dan peralatan lainnya)
1. Berbagai jenis buah-buahan dalam dan luar negri
2. Berbagai jenis sayuran dalam dan luar negri
3. Berbagai umbi-umbian
4. Berbagai macam jenis daging dalam dan luar negri
5. Berbagai macam seafood
6. Berbagai macam makanan siap saji
7. Berbagai peralatan rumah tangga
8. Berbagai alat sekolah
9. Berbagai jenis obat
10.Berbagai detergent
11. Berbagai biscuits dan snack
12.Berbagai macam keperluan bayi(makanan,susu dan peralatan lainnya)
ANALISIS
SWOT
STREGRT
1.memiliki produk dari usaha kecil dan menengah khusus nnya
pertanian Yg menghasilkan buah dan sayur
2.lokasi berada di pusat kota- kota besar dan berapa toko
bertempat dekat perumahan
3.menyelengarakan diskon rutin untuk tiap bulannya
4. Karyawan cepat tanggap apabila ada masalah pelangan mengalami
keluhan
5. Harga Yg di jual masih sangat terjangkau
6.seluruh pegawai memberikan pelayanan sangat ramah
apabila tidak sesuai peraturan maka pegawai akan mendapatkan sanksi.
WEAKNESS
1. Stok
produk di super Indo terbilang lama , karena produk di super Indo cepat habis
jika pelangan mencari nnya agak susah kembali
2.kebersihan
yang kurang terjaga
3.karena
banyak nya promo kadang kala rewerd buat pelangan cepat habis
4.
Pegawai terkadang lalai i TK mengecek ulang restok di display
5.harga
di super Indo dapat di tiru oleh pesaing karena ketatnya persaingan antar
supermarket
6.
Kurang berkoordinasi antara bank dengan super Indo maka terjadi masalaj sering
Troubel nnya saat pembeli untuk pembayaran mengunakan kartu kredit atau
ATM
OPPORTUNITY
1.
Super Indo memiliki bnyak supplay makannya restok selalu ada tidak pernah ada
Yg kosong
2.
Banyak anak cabang sehingga mampu bersaing secara dari segi pemasarannya
3.banyak
di lakukan promosi guna menarik pelangan
4.mempunyai
kinerja Yg cukup sehingga kinerja lebih efektif
5.
Dengan harga Yg terjangkau maka super ido bisa bersaing dengan pesaingnya
6.
Karena pelayanan di super Indo sangatlah ramah maka pembeli merasa puas
dan superindo dapat bersaing secara dari segi pelayanannya
THREAT
1.
Karena produk hyperarket lebih lengkap pelangan lebih memilih belanja di
hypermarket
2.
Keterbatasan fakultas Yg kurang mendukung
3. stok
rewerd Yg di berikan pesaing lebih bnyak superindo
4.
Pegawai hypermatr lebih cek ap tanggap dri pada superindo
5.harga
di tawarkan lebih murah dibanding superindo
6.
Kinerja karyawan lebih cepat dan kedir di banding superindo karena banyak nnya
fasilitas Yg di permudah
ANALISIS
SMART
.SIMPLE
PT SUPER INDO dapat di pahami oleh semua masyarakat karena di
lihat dari segi produk nya Yg sangat lengkap maka masyarakat tidak perlu jauh
jauh pula untuk membeli kebutuhan pokoknnya karena di setiap kota
terdekat atau perumahan sudah berdiri beberapa cabang super Indo.
. MEASUREBLE
Perusahaan ini menerapkan strategi peningkatan daya stok barang
dan kepuasan pelayanan kepada pelangan.
.
APLIKABLE
Super Indo berkembang di Indonesia sejak tahun 1997. Super Indo
telah memiliki 126 gerai yang sebagian besar berada di Pulau Jawa dengan
jumlah 5.400 karyawan terlatih. Setiap gerai umumnya menyediakan beragam produk
kebutuhan sehari-hari.
. RELEVANT
PT LION SUPER INDO pasti mempunyai target , dengan
posisi yang mereka anggap sudah di atas pesaing-pesaingnya dan dari rating
konsumen PT. Lion super Indo mempunyai keunggulan dari segi produk,
budaya karyawan, pemasaran, atau pangsa pasar yang sangat menargetkan sebuah
keunggulan untuk meningkatkan keuntungan.
.TIME-BASED
Langkah yang di ambil dalam perusahaan adalah dengan cara tegur
sapa antar pegawai satu dengan pegawai lainnya, antaaa pegawai dengan atasannya
,antar pegawai dengan pelanggannya ini salah satunnya langkah langka nnya untuk
mengembangkan budaya di dalam perusahaan PT LION SUPER INDO.
DAYA SAING
Daya
Saing strategis dapat dicapai apabila sebuah perusahaan dengan baik merumuskan
serta menerapkan strategi pencipta nilai.
v Sumber
Daya yang Dimiliki
1. Sumber
Daya yang Berwujud
o Harga sangat terjangkau
o Distribusi
sangat luas
o Produk yang di buat sesuai dengan standrat ISO
o Memiliki
karyawan yang berkompeten sesuai dengan keterampilan
2. Sumber
Daya yang Tak Berwujud
o Brand
Image
o Memiliki
profesionalitas yang tinggi yang dimiliki tiap karyawan yang tergabung dalam PT. Lion superindo
v Kemampuan
o Memiliki
karyawan yang handal di setiap bidangnya
o
Mempunyai outlet
yang nyaman dan bersih
o Distribusi
luas di dalam maupun di luar negeri
v Kemampuan
Inti
·
Memiliki label ISO
·
Outlet mewah
v Keunggulan
bersaing yang berkesinambungan
1.
Membuat inovasi
baru terhadap produk yang dapat bersaing dengan perusahaan lain.
2.
Mempromosikan
komposisi gazi produk ini kepada masyarakat dengan lebih intensif.
v Daya
Saing
PT.lion superindo sudah di kenal masyarakat dengan
berbagai jenis produk yang mudah ,murah serta harga terjangkau . dan tidak
hanya menggutamakan itu saja Lion Superindo juga menjawab semua kebutuhan para
konsumen dari mulai makanan,minuman, ,sayur,buah dll sehingga Lion Superindo
akan mampu berada di persaingan pasar.
ANALISIS IFAS DAN EFAS
MANAJEMEN STRATEGIK
KONDISI INTERNAL PT. LION SUPER INDO
Faktor
Intern
|
Kekuatan/Kelemahan
|
Produksi
|
+
Mampu memproduksi makanan,minuman dan kebutuhan
lainnya yang
siap saji yg mengandung bahan-bahan yg bergizi dan halal
+
Bahan berkualitas premium
-
Tingginya biaya produksi
-
Kurang inovasi produk
|
Marketing
|
+
Jaringan distribusi luas
|
Keuangan
|
+
Memiliki kondisi yg sehat
-
Kurang mampu mengelola dana
|
Personalia
|
+
Memiliki pelayanan yang baik
+
Memiliki karyawan yg ramah serta sopan
|
Litbang
|
+
Peralatan riset dan pengembangan modern
|
Struktur
Organisasi
|
+
Pembagian divisi kerja yg jelas
|
Manajemen
|
-
Distribusi produk yg lama
|
Dari
tabel diatas, dapat kita lihat terdapat 8+ dan 4- itu artinya, strengh lebih kuat 4 poin
dari weakness
|
(IFAS )Kuesioner internal factor analysis strategi untuk mengetahui kekuatan ( strenght )
Faktor strategis
|
Nilai
|
bobot
|
Rating
|
Skor
|
1.
memiliki produk dari
usaha kecil dan menengah khusus nnya pertanian Yg menghasilkan buah dan
sayur .
|
4
|
0.2
|
4
|
0.8
|
2. lokasi
berada di pusat kota- kota besar dan berapa toko bertempat dekat perumahan.
|
4
|
0.2
|
4
|
0.8
|
3.
menyelengarakan diskon
rutin untuk tiap bulannya .
|
3
|
0.15
|
3
|
0.45
|
4.
Karyawan cepat tanggap
apabila ada masalah pelangan mengalami keluhan
|
3
|
0.15
|
3
|
0.45
|
5.
Harga Yg di jual masih
sangat terjangkaU
6.
seluruh pegawai
memberikan pelayanan sangat ramah apabila tidak sesuai peraturan maka pegawai
akan mendapatkan sanksi.
|
3
3
|
0.15
0.15
|
4
4
|
0.8
0.8
|
Total
|
20
|
1
|
22
|
4.1
|
Ukuran pembobotan ukuran
rating kekuatan
1 = sedikit penting 1
= sedikit kuat
2 = agak penting 2
= agak kuat
3 = penting 3
= kuat
4 = sangat penting 4
= sangat kuat
(IFAS )Kuesioner internal factor analysis strategi untuk mengetahui kelemahan ( weakness )
Faktor strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
1.
Stok produk di super
Indo terbilang lama , karena produk di super Indo cepat habis jika pelangan
mencari nnya agak susah kembali.
|
2
|
0.125
|
2
|
0.25
|
2. kebersihan
yang kurang terjaga.
|
3
|
0.1875
|
2
|
0.375
|
3. karena
banyak nya promo kadang kala rewerd buat pelangan cepat habis.
|
3
|
0.1875
|
3
|
0.5625
|
4. Pegawai
terkadang lalai TK mengecek ulang restok di display.
|
3
|
0.1875
|
3
|
0.5625
|
5. harga
di super Indo dapat di tiru oleh pesaing karena ketatnya persaingan antar
supermarket .
6.
Kurang berkoordinasi
antara bank dengan super Indo maka terjadi masalaj sering Troubel nnya saat
pembeli untuk pembayaran mengunakan kartu kredit atau ATM
|
2
3
|
0.125
0.1875
|
2
3
|
0.25
0.5625
|
Total
|
16
|
1
|
15
|
3.5625
|
Ukurqan pembobotan ukuran
rating kelemahan
1 = sedikit penting 1
= sedikit lemah
2 = agak penting 2
= agak lemah
3 = penting 3
= lemah
4 = sangat penting 4
= sangat lemah
TOTAL IFAS =
STRENGHT – WEAKNESS
= 4.1-3.5625
= 35.629,1
KONDISI EKSTERNAL PT.LION SUPER INDO
Faktor
Eeksternal
|
Peluang/Ancaman
|
|
Lingkungan Eksternal Mikro
|
Supplier
|
+
bahan baku yang mudah di dapatkan sehingga harga jual
lebih terjangkau
-
Banyak bahan baku didapat dari luar
negeri sehingga membutuhkan proses yg lama
|
Pelanggan
|
+
Memiliki pasar yg luas karena memiliki pelanggan yg mayoritas membutuhkan untuk keseharian lebih dominan ke makan atau bahan makanan siap saji
|
|
Pesaing
|
+
Mempunyai sertifikat dan beberapa penghargaan lainnya
-
Munculnya pesaing baru yg memproduksi
barang sejenis
|
|
Lingkungan Eksternal Makro
|
Kondisi
Ekonomi
|
+
Terbukanya pasar ekspor
+
Ekonomi dalam negeri sedang berkembang
|
Perubahan
Ttekhnologi
|
-
Lambatnya
teknologi yg digunakan
|
|
Sosial
|
+
Kampanye produk lebih segar, lebih dekat, lebih hemat dan harga terjangkau
|
|
Dari
tabel diatas, dapat kita lihat terdapat 6+
=
dan 2- itu artinya, opportunity lebih kuat 4 poin dari pada weakness
|
(EFAS) Kuesioner internal factor analysis strategi untuk mengetahui ancaman ( oportunity)
Faktor strategis
|
Nilai
|
bobot
|
rating
|
Skor
|
1.
Stok produk di super
Indo terbilang lama , karena produk di super Indo cepat habis jika pelangan
mencari nnya agak susah kembali
|
3
|
0.15
|
4
|
0.6
|
2. Banyak
anak cabang sehingga mampu bersaing secara dari segi pemasarannya
|
4
|
0.2
|
3
|
0.6
|
3.
banyak di lakukan promosi
guna menarik pelangan
|
3
|
0.15
|
3
|
0.6
|
4.
mempunyai kinerja Yg
cukup sehingga kinerja lebih efektif
|
3
|
0.15
|
2
|
0.3
|
5.
Dengan harga Yg terjangkau maka super ido
bisa bersaing dengan pesaingnya.
6.
Karena pelayanan di
super Indo sangatlah ramah maka pembeli merasa puas dan superindo dapat
bersaing secara dari segi pelayanannya
|
3
4
|
0.15
0.2
|
2
3
|
0.3
0.6
|
Total
|
20
|
1
|
17
|
3
|
Ukuran pembobotan ukuran
rating ancaman
1 = sedikit penting 1
= sedikit ancaman
2 = agak penting 2
= agak ancaman
3 = penting 3
= ancaman
4 = sangat penting 4
= sangat ancaman
(EFAS) Kuesioner internal factor analysis strategi untuk mengetahui ancaman ( threat )
Faktor strategis
|
Nilai
|
bobot
|
rating
|
Skor
|
1. Karena
produk hyperarket lebih lengkap pelangan lebih memilih belanja di hypermarket
|
2
|
0.166
|
4
|
0.664
|
2.
Keterbatasan fasilitas
Yg kurang mendukung
|
2
|
0.166
|
3
|
0.498
|
3.
stok rewerd Yg di
berikan pesaing lebih bnyak di banding superindo
|
2
|
0.166
|
3
|
0.498
|
4. Pegawai
hypermatr lebih cekap tanggap dri pada superindo
|
2
|
0.166
|
2
|
0.332
|
5.
harga di tawarkan lebih
murah dibanding superindo
6.
Kinerja karyawan lebih
cepat dan di banding superindo karena banyak nnya fasilitas Yg di permudah
|
2
2
|
0.166
0.166
|
2
3
|
0.332
0.498
|
Total
|
12
|
0.996
|
17
|
2.492
|
Ukuran pembobotan ukuran
rating ancaman
1 = sedikit penting 1
= sedikit ancaman
2 = agak penting 2
= agak ancaman
3 = penting 3
= ancaman
4 = sangat penting 4
= sangat ancaman
TOTAL EFAS = Opportunity –
Threat
= 3 -
2.492
= 2.495
Analisis Matrik SWOT
• Berdasarkan hasil-hasil yang didapat dari analisis
internal dan eksternal pada Tabel seperti dituliskan di atas, hasilnya dapat dirangkum
sebagai berikut:
• Skor
Total Kekuatan = 4.1
• Skor
Total Kelemahan = 3.5625
• Skor
Total Peluang = 3
• Skor
Total Ancaman = 2.492
• Berpijak
dari skor total ini, maka penentuan posisi PT Lion superindo dapat digambar
sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada
Gambar dibawah.
• Untuk
mencari koordinatnya, dapat dicari dengan cara sebagai berikut:
• Koordinat Analisis
Internal Faktor Strategis
• (Skor total Kekuatan + Skor Total Kelemahan) = (4.1 + (-3.5625) = 35.629,1
• Koordinat Analisis Eksternal Faktor
Strategis
• (Skor
total Peluang + Skor Total Ancaman) = (3+(-2.492) =2.495
• Jadi titik koordinatnya terletak pada (35.629,1 , 2.495)
Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal
tersebut (x), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran 1 namun namun
cenderung dekat pada kuadran IV sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis
dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap
kuadran. Hasil perhitungan dari
masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini.
kuadran
|
Posisi titik
|
Luas matrik
|
rangking
|
Prioritas strategi
|
I (SO)
|
(4.1 ;3)
|
12.3
|
1
|
Growth
|
II (ST)
|
( 4.1 ; -2.492)
|
-10.217,2
|
2
|
Kombinasi
|
III (WO)
|
(3.5625 - ;3)
|
-10.6875
|
3
|
Stabilitas
|
IV (WT)
|
( -3.5625; -2.492)
|
8.87775
|
4
|
Penciutan
|

MATRIKS
STRATEGI UMUM
Strategi Manajer Perusahaan dan
Kaitannya dengan Kuadran I
Pada
kuadra I (SO Strategi) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan
adalah memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk mendapat keuntungan semaksimal
mungkin.
Strategi
Diversifikasi Konsentrasi (Consentric Diversification Strategy)
Strategi ini dijalankan dengan menambah produk baru
yg masih terkait dengan produk yg ada saat ini dan memiliki keterkaitan dalam
kesamaan teknologi, pemanfaatan fasilitas bersama, ataupun jaringan pemasaran
yg sama. Mengebangkan inovasi varian
produk misalnya , pada varian rasa dan bentuk seperti dalam satu bentuk dengan
berbagai varian rasa.
Strategi yang digunakan :
a. Memanfaatkan
trend yg lagi booming dengan merubah bentuk yg unik
b. Perusahaan
memiliki jaringan distribusi yang luas hingga keluar asia
c. Menggunakan
kampanye produk makanan dan minuman segar, lebih
dekat, lebih hemat dan harga terjangkau
d. Menempatkan harga produk relatif dapat
dijangkau oleh masyarakat luas
Keterkaitan
dengan Kuadran I (SO Strategi) :
Dengan
adanya label segar, lebih dekat, lebih hemat dan harga terjangkau sebagai kekuatan inti
perusahaan dalam melakukan promosi diharapkan tiap produk yang di ciptakan PT.lion super
indo
menjadi ikon makanan olahan yang segar , lebih dekat , lebih hemat dan harga terjangkau yg
terpercaya di kalangan masyarakat luas.
Strategi Manajer Perusahaan dan
kaitannya dengan kuadran II
Pada
kuadran II (WO Strategi) strategi umum yang di lakukan oleh perusahaan adalah
dengan menjadikan setiap kekuatan
untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk
menciptakan peluang.
Strategi
pengembangan pasar
Memperkenalkan produk-produk yang sudah ada kedaerah
pemasaran yang baru (pangsa pasar bertambah ). Strategi ini dijalankan supaya
bisa memasarkan produk yang sudah ada ke daerah yang belum ada agar sdapat
menggunakan produk dari perusahaan dan supaya bisa memperluas pasar di dalam
maupun di luar negeri.
Strategi yang digunakan :
a. Meningkatkan
anggaran iklan
b. Meningkatkan
aktivitas kampanye
Keterkaitan
dengan Kuadran II :
Dengan
memperbanyak promosi barang-barang dari
PT.lion super indo diharapkan mampu membidik segmen konsumen
dengan tepat untuk mengedepankan produk
unggulan di dalam maupun di luar negeri.
Strategi Perusahaan dan
Kaitannya dengan Kuadran III
Pada
kuandran III (ST Strategi) strategi umumnya yang dilakukan oleh perusahaan
dengan menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan
diversifikasi untuk menciptakan peluang.
Strategi
Integrasi Horizontal
Strategi
ini mengarah pada strategi untuk meningkatkan kendali atas perusahaan pesaing.
Menjaga hubungan baik
dengan pelanggan.
Strategi
yang dilakukan:
a. Menawarkan
harga yang bersaing, misalnya pemberian diskon untuk pembelian produk diatas
yang di tentukan dan menawarkan paket produk dengan harga terajangkau
Keterkaitan
dengan kuadran III (ST Strategi) :
Dengan
menjaga hubungan baik dengan pelanggan diharapkan produk yang dikeluarkan oleh PT. LION SUPERINDO akan mendapatkan posisi khusus di masyarakat sehingga hubungan baik dengan
pelanggan juga bisa menjadi sarana bagi perusahaan untuk mempertahankan pangsa
pasar dan persaingan ketat di bidang industri makanan olahan siap saji.
Strategi Prusahaan dan
Kaitannya dengan Kuadran IV
Pada
kuadran IV (WT Strategi) strategi umum yang dapat dilakukan perusahaan adalah
dengan meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap anacaman.
Pengurangan
(Retrechment)
Penghematan
dengan mengurangi unit produk yang kurang diminati oleh konsumen dan fokus
terhadap pengembangan produk.
Strategi
yang dilakukan:
a. Fokus
pada produk yang diminati oleh konsumen
b. Terus
mengembangkan inovasi varian merek-merek
ternama dengan produk yang banyak di gemari oleh konsumen.
Keterkaitan
dengan kuadran IV (WT Strategi):
Dengan
berfokus pada produk yang diminati konsumen, perusahaan dapat menggunakan dana
yang ada untuk mengembangkan produk dengan inovasi-inovasi terbaru yang
diharapkan dan dapat membuka peluang yang lebih besar untuk kinerja karyawan yang baru .
Strategi Bisnis Unit
(SBU)
Strategi
Bisnis Unit (SBU) yang diterpkan menciptakan produk baru yang unik dengan harga
terjangkau.
Strategi
Bisnis Unit menerapkan strategi
diversifikasi konsentris. Yaitu strategi yang dilakukan dengan menambah
produk baru yang masih terkait dengan produk yang saat ini dan memiliki
keterkaitan dalam kesamaan teknologi, pemanfaatan fasilitas bersama, ataupun
jaringan pemasaran yang sama.
Contohnya
:
Menciptakan produk
dengan satu bentuk yang berbagai variasi rasa dengan merk “PT. LION SUPER
INDO”
yang memilki kualifikasi:
·
Memiliki banyak pilihan macam untuk selera calon konsumen
·
Pengaplikasian yang
mudah
·
Wadah yag praktis
dengan mudah untuk di bawa kemana mana
·
Harga terjangkau
Ø Menciptakan
produk yang berbahan baku bergizi dan halal
Ø Strategi
bisnis unit menciptakan diferensiasi melalui label enak,praktis, bergizi,halal
dan harga terjangkau.
Ø Strategi
ini digunakan karena perusahaan memiliki:
-
Ketrampilan dan
Sumberdaya Umum yang di perlukan
§ Jaringan
DC (Distrbution Center) luas hingga mencapai luar asia
§ Mampu
memproduksi makanan dan minuman serta
kebutuhan lainnya yang siap saji yang
mengandung bahan-bahan yang bergizi, halal dan aman dikonsumsi
-
Persyaratan Organisasi
Umum
§ Koordinasi
yang kuat antara fungsi-fungsi dalam riset dan pengembangan produk, dan
pemasaran.
§ Kemampuan
menarik tenaga yang kreatif ,tanggung
jawab dan handal di bidangnya.
Analisa Value Chain Diferensiasi
Adanya
kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunikan yg sesuai dg
permintaan para pelanggan.Ada empat tahap :
1.
Menciptakan
sebuah analisa rantai nilai
·
Tingkat kebutuhan
konsumen yang berbagai macam selera
·
Menyediakan produk yang
sesuai dengan kebutuhan konsumen yang berkualitas dan hemat serta harga terjangkau
·
Dibuat rantai nilai yg
terpisah untuk setiap kelompok pelanggan
1. Menciptakan
produk makan minuman dll
2.
Menciptakan berbagai
varian produk
2.
Identifikasi faktor penentu diferensiasi
VALUE CHAIN PT. LION SUPER INDO
ANALISIS VALUE CHAIN :
Inbound Logistic:
-
Memastikan terpenuhi
bahan baku : Bahan baku diterima oleh gudang. Bahan baku diberi kode, dan
diinput di database persediaan untuk memudahkan kontrol jumlah persediaan yang
tersedia, persediaan yang habis, dan persediaan yang baru ditambah.
-
Pengendalian kualitas bahan baku :
Pengendalian kualitas dilakukan oleh departemen Quality Control Materials.
Departemen ini bertugas memastikan bahan baku yang masuk di gudang sudah sesuai
standar yang ditetapkan oleh perusahaan.
Operations
-
Proses memastikan kesediaan barang jadi :
Dilakukan oleh tenaga produksi yang mengolah bahan baku sedemikian rupa hingga
menjadi produk jadi yang siap dipasarkan. meliputi beberapa aktivitas seperti:
penakaran, pencampuran, dan pengemasan. Setelah dikemas, jumlah produk jadi
tersebut diinput.
-
Mengubah barang
baku menjadi barang jadi : Pengendalian produk
dilakukan dengan sanggat hati-hati dari
mulai proses produksi barang baku sampai barang yang akan bertahap ke proses
barang jadi.
Outbond
Logistic
-
Memastikan pendistribusian
produk datang tepat waktu kepada pelanggan.
-
Memastikan barang
yang di terima pelanggan datang dengan baik.
Marketing
and Sales
-
Untuk mempromosikan
produknya, PT. LION SUPERINDO sudah
melakukan banyak cara seperti: iklan, sponsor film, , dll), website resmi.
Berbagai promosi ini dilakukan untuk
meyakinkan konsumen bahwa tiap produk PT.LION
SUPER INDO memang
HEMAT, BERHUALITAS HALAL DAN HARGA TERJANGKAU.
SERVECES
-
Memberikan
pelayanan dengan baik kepada pelangan agar pelangan puas dan terus berbelanja
-
Memberikan kepuasan
pelayanan kepada pelangan
VALUE CHAIN BERBASIS ANGGARAN (BUDGETING)
Catatan : tiap angka di bawah ini hanyalah
estimasi (perkiraan )dari saya.
3.Penentu
faktor-faktor kunci
- Memiliki fasilitas
, kelengkapan , dan kenyamanan berbelanja dengan memaksimalkan gedung yang
dimiliki
- Memiliki
SDM yang siap untuk bersaing , berdedikasi tinggi , loyalitas , totalitas dan
jujur
4.
Keterkaitan antara value chain perusahaan dan pelanggan
Menciptakan nilai bagi pelanggan
meliputi :
§ Pelanggan
dapat menikmati kenyamanan yang di harapkan
§ Pelanggan
mendapatkan produk berkualitas premium dengan harga yang relatif terjangkau.
Bisnis Proses PT. LION SUPERINDO
BISNIS PROSES OPERASI
PT.
LION SUPERINDO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar