Rabu, 20 April 2016

Makalah
Perbandingan Bisnis Online


NamaKelompok :
JihanKharisma (01215051)
Anita Ferdiana (01215062)
Romadini (01215157)

Universitas Narotama Surabaya
Tahun 2015-2016

Kata Pengantar

          Pujisyukurkehadirat Allah S.W.T yang telahmelimpahkanrahmatNyasehingga penyusundapatmenyelesaikan proposal untuktugasdalammatakuliahPengantar Bisnis.Proposal inidisusunsebagaipelengkapdalammatakuliahtersebut.
Dalampenyusunan proposal ini, penyusunsadarmasihmemilikibanyakkekurangan.Dengandukungankeluargaterutamakakak penyusun, penyusunmampumelewatikesulitantersebut.Olehkarenaitu, penyusuninginmengucapkanterimakasihatasdukungan-dukungantersebut.
Semoga proposal inidapatbermanfaatbagisemuapembaca yang inginmengetahuiperbandingan antar satu dengan yang lain.

  
Surabaya, 18 April 2016

Penyusun

Daftar Isi

Kata pengantar  .....................................................................................      i
Daftarisi  ..............................................................................................        ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latarbelakang   ................................................................................      1
1.2        Rumusan masalah ..........................................................................      1
1.3        Tujuan  ...…………………………….............................................................    1
BAB II PEMBAHASAN
2.1        Pengertian bisnis online  ….............................................................    2
2.2       Kelebihan dan kelemahan ..............................................................    2
2.3       Lingkungan bisnis.....……..................................................................     3
2.4       Pelayanan bisnis  ....................... ...................................................      3
BAB IV PENUTUP
3.1  Kesimpulan ...............................................................................................4
 3.2   Saran ....................... ........................................................................... .4


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LatarBelakang
Perkembangan internet disebutjuga  duniamaya. Di  duniamayasetiapindividumemilikihakdankemampuanuntuk berkomunikasiantaraindividudenganindividu yang laintanpabatasanapapundan yang kinidikenalbisnisberbasis online. Keinginanmanusia yang tinggimenuntutduniaperdaganganmampumenyediakanlayananbarangdanjasadengancepatsesuaipermintaankonsumen yang saatinikebanyakandilakukanolehmasyarakatdenganmelaluiberbasis online. Kinitransaksibisamelalui transfer denganmudahdancepatsehinggaparakonsumentidakperlu repot untuksoalpembayaran. Transaksibisnismelalui media berbasis online kinitelahtersebarluasdikalanganmasyarakat.

1.2 Rumusanmasalah
Adapun yang keterkaitandenganlatarbelakang di atasdidapatkanrumusanmasalahsebagaiberikut :
1.    Apakahbisnisberbasis online bisadilakukanolehperusahaanmaupunrumahan ?
2.   Kodeetikdalamberbisnisberbasis online perusahaanmaupunrumahan?

1.3 Tujuan
Adapuntujuan yang dapatdiketahuiantaralain :
·        Agar pembacadapatmengetahuiperbandinganantara 2 bisnisberbasis online
·        Untukmemecahkanpermasalahan yang menjadihambatandalambisnis online
·        Untukmengetahuiruanglingkupbisnis online


BAB II
PEMBAHASAN

2.1                PengertianBisnis Online
Bisnis Online adalahbisnis yang dilakukansecaraonline baikmelalui internet maupun media promosisepertihalnya broadcast. Bisnisberbasis online kinisamasepertimenjalankanbisnis offline, adaproduk, adajasa, adanilaitambah yang perludijual agar bisamenghasilkankeuntungan. Tapiperbedaannyakinibisnis yangdijalankansecara online di internet. Pemasarandilakukanmelalui internet danpembelinyadidapatmelalui internet.
MemulaiBisnis online banyak orang menggunakanalasankemampuan, modal, dankondisiperekonomiansebagaialasanuntukmenundadantidakmemulaiusahaataubisnisitusendiri. Bilaalasantidakpunyakemampuan, makakitaharusmulaibelajar, karenatidakada orang yang tidakmemilikikemampuankecualimauberusahadanmengasahkemampuantersebut. Bilaalasankitatidakmempunyaimodal, makasolusinyaadalahmenjalankanbisnisberbasis online. Karenamenjalankanbisnisberbasis onlinetidakmengeluarkan modal besar. Hanyaperlu website danrekening bank. Sedangkanbilatidakmempunyaiprodukyang akandijual ,kitabisamemasarkanproduk orang lain. Dan kitajugabisamenjalankan program affiliasi, yaitumempromosikanprodukataujasa orang lain denganimbalankomisidarisetiap sales yang terjadiatasproduk yang kitareferensikan.

2.2               KelebihanBisnisBerbasisOnlineantara lain :
1.     Bisnisberbasis online dapatdiaplikasikanmelaluiberbagai media social
2.     Modal yang dibutuhkanrelatiflebihsedikit
3.     Tidakbutuhjumlahkaryawan yang banyak
Di sampingbanyakkelebihanbisnis online jugamempunyaikelemahanantaralain :
1.    Koneksi Internet yang Mahal.
2.   Sulitnyamembangunkepercayaandengan customer
3.   Perlubanyakpembelajaranuntukmenjalankanbisnis online tersebut
2.3               Lingkunganbisnis
Lingkunganbisnismelaluiperusahaan terdapat adanya karyawan untuk membantu produksi barang yang akan dipasarkan melalui promosi dengan mendatangi toko-toko maupun melalui media berbasis online ini dan terjamin terjaga kwalitas barangnya  sedangkan lingkungan bisnis rumahan tanpa adanya karyarwan ini jika ada order dari konsumen bisnis rumahan ini mengontrol orderan sendiri tanpa memproduksi barang dan hanya bisa promosi melalui media berbasis online dan kwalitasnya pun belum terjamin dengan kelayakan produknya.

2.4               Pelayanan bisnis
Pelayanan bisnis dalam segi perusahaan lebih diutamakan karena agar para konsumen senang berbelanja diperusahaan tersebut dan selain itu tidak hanya membutuhkan produk tetapi juga pelayanan yang baik dan memuaskan. Sedangkan pelayanan bisnis rumahan hanya mengutamakan produk yang dibutuhkan konsumen sehingga bisa kurang ramahnya melayani orderan para konsumen dengan baik.



BAB III
PENUTUP

3.1                Kesimpulan
Untuk menjalankan binis perusahaan dan bisnis rumahan perlu mmahami apa yang di maksud kewirausahaan karena bisnis adalah ragam kewirausahaan dan dapat di artikan sebagi identifikasi di dalam pelunag-peluang di sisitem ekonomi ,bahkan sebenarnya membutuhkan waktu yang banyak untuk mengembangkannya. Demikian perbandingan antara bisnis online di lingkungan perusahaan dan rumahan yang kami paparkan melalui makalah perbandingan bisnis online yang kami buat ini

3.2               Saran

Di dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu perlu saran dari para pembaca untuk membangun dan menyempurnahkan makalah kami. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar