Makalah
Perbandingan Bisnis
Online
NamaKelompok
:
JihanKharisma
(01215051)
Anita
Ferdiana (01215062)
Romadini
(01215157)
Universitas Narotama
Surabaya
Tahun
2015-2016
Kata Pengantar
Pujisyukurkehadirat
Allah S.W.T yang telahmelimpahkanrahmatNyasehingga penyusundapatmenyelesaikan proposal untuktugasdalammatakuliahPengantar Bisnis.Proposal
inidisusunsebagaipelengkapdalammatakuliahtersebut.
Dalampenyusunan proposal ini, penyusunsadarmasihmemilikibanyakkekurangan.Dengandukungankeluargaterutamakakak
penyusun, penyusunmampumelewatikesulitantersebut.Olehkarenaitu,
penyusuninginmengucapkanterimakasihatasdukungan-dukungantersebut.
Semoga proposal inidapatbermanfaatbagisemuapembaca
yang inginmengetahuiperbandingan antar satu dengan
yang lain.
Surabaya,
18
April 2016
Penyusun
Daftar
Isi
Kata pengantar
..................................................................................... i
Daftarisi
.............................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latarbelakang
................................................................................ 1
1.2
Rumusan masalah
.......................................................................... 1
1.3
Tujuan ...……………………………............................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian bisnis online …............................................................. 2
2.2 Kelebihan dan kelemahan .............................................................. 2
2.3 Lingkungan bisnis.....…….................................................................. 3
2.4 Pelayanan bisnis
....................... ................................................... 3
BAB IV PENUTUP
3.1
Kesimpulan
...............................................................................................4
3.2 Saran .......................
........................................................................... .4
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LatarBelakang
Perkembangan internet disebutjuga
duniamaya. Di duniamayasetiapindividumemilikihakdankemampuanuntuk berkomunikasiantaraindividudenganindividu
yang laintanpabatasanapapundan yang kinidikenalbisnisberbasis online. Keinginanmanusia
yang tinggimenuntutduniaperdaganganmampumenyediakanlayananbarangdanjasadengancepatsesuaipermintaankonsumen
yang saatinikebanyakandilakukanolehmasyarakatdenganmelaluiberbasis online.
Kinitransaksibisamelalui transfer
denganmudahdancepatsehinggaparakonsumentidakperlu repot untuksoalpembayaran. Transaksibisnismelalui
media berbasis online kinitelahtersebarluasdikalanganmasyarakat.
1.2
Rumusanmasalah
Adapun yang keterkaitandenganlatarbelakang
di atasdidapatkanrumusanmasalahsebagaiberikut :
1.
Apakahbisnisberbasis
online bisadilakukanolehperusahaanmaupunrumahan ?
2.
Kodeetikdalamberbisnisberbasis
online perusahaanmaupunrumahan?
1.3
Tujuan
Adapuntujuan yang dapatdiketahuiantaralain
:
·
Agar
pembacadapatmengetahuiperbandinganantara 2 bisnisberbasis online
·
Untukmemecahkanpermasalahan
yang menjadihambatandalambisnis online
·
Untukmengetahuiruanglingkupbisnis
online
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
PengertianBisnis
Online
Bisnis Online adalahbisnis yang
dilakukansecaraonline baikmelalui internet maupun media promosisepertihalnya
broadcast. Bisnisberbasis online kinisamasepertimenjalankanbisnis offline,
adaproduk, adajasa, adanilaitambah yang perludijual agar
bisamenghasilkankeuntungan. Tapiperbedaannyakinibisnis yangdijalankansecara
online di internet. Pemasarandilakukanmelalui internet danpembelinyadidapatmelalui
internet.
MemulaiBisnis online banyak orang
menggunakanalasankemampuan, modal,
dankondisiperekonomiansebagaialasanuntukmenundadantidakmemulaiusahaataubisnisitusendiri.
Bilaalasantidakpunyakemampuan, makakitaharusmulaibelajar, karenatidakada orang
yang tidakmemilikikemampuankecualimauberusahadanmengasahkemampuantersebut. Bilaalasankitatidakmempunyaimodal,
makasolusinyaadalahmenjalankanbisnisberbasis online. Karenamenjalankanbisnisberbasis
onlinetidakmengeluarkan modal besar. Hanyaperlu website danrekening bank.
Sedangkanbilatidakmempunyaiprodukyang akandijual ,kitabisamemasarkanproduk
orang lain. Dan kitajugabisamenjalankan program affiliasi,
yaitumempromosikanprodukataujasa orang lain denganimbalankomisidarisetiap sales
yang terjadiatasproduk yang kitareferensikan.
2.2
KelebihanBisnisBerbasisOnlineantara
lain :
1. Bisnisberbasis online
dapatdiaplikasikanmelaluiberbagai media social
2. Modal yang dibutuhkanrelatiflebihsedikit
3. Tidakbutuhjumlahkaryawan yang banyak
Di sampingbanyakkelebihanbisnis online
jugamempunyaikelemahanantaralain :
1.
Koneksi
Internet yang Mahal.
2.
Sulitnyamembangunkepercayaandengan
customer
3.
Perlubanyakpembelajaranuntukmenjalankanbisnis
online tersebut
2.3
Lingkunganbisnis
Lingkunganbisnismelaluiperusahaan terdapat
adanya karyawan untuk membantu produksi barang yang akan dipasarkan melalui
promosi dengan mendatangi toko-toko maupun melalui media
berbasis online ini dan terjamin terjaga kwalitas barangnya sedangkan lingkungan bisnis rumahan tanpa
adanya karyarwan ini jika ada order dari konsumen bisnis rumahan ini mengontrol
orderan sendiri tanpa memproduksi barang dan hanya bisa promosi melalui media
berbasis online dan kwalitasnya pun belum terjamin dengan kelayakan produknya.
2.4
Pelayanan bisnis
Pelayanan bisnis
dalam segi perusahaan lebih diutamakan karena agar para konsumen senang
berbelanja diperusahaan tersebut dan selain itu tidak hanya membutuhkan produk
tetapi juga pelayanan yang baik dan memuaskan. Sedangkan pelayanan bisnis
rumahan hanya mengutamakan produk yang dibutuhkan konsumen sehingga bisa kurang
ramahnya melayani orderan para konsumen dengan baik.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Untuk menjalankan binis perusahaan dan bisnis rumahan perlu mmahami apa
yang di maksud kewirausahaan karena bisnis adalah ragam kewirausahaan dan dapat
di artikan sebagi identifikasi di dalam pelunag-peluang di sisitem ekonomi
,bahkan sebenarnya membutuhkan waktu yang banyak untuk mengembangkannya.
Demikian perbandingan antara bisnis online di lingkungan perusahaan dan rumahan
yang kami paparkan melalui makalah perbandingan bisnis online yang kami buat
ini
3.2
Saran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar